Jaringan 5G Bisa Dikomersilkan untuk End User Dengan Syarat

By On Sabtu, April 11th, 2020 Categories : Teknologi

Jaringan 5G Bisa Dikomersilkan untuk End User Dengan Syarat

foto: www.destinasibandung.co.id

Konsumen Indonesia dapat memakai jaringan 5G nantinya. Tetapi masih terdapat pekerjaan ialah ketersediaan device buat jaringan tersebut.

” Sebenernya dapat. Hanya perkaranya satu, enggak dapat hanya permasalahan 5G- nya ready, device ini telah siap belum? Sebab cuma sebagian merk yang device- nya spesial 5G, cuma terdapat sebagian yang betul- betul 5G,” kata Board Member ATSI, Arief Mustain, ditemui dikala dialog Telco Outlook 2020, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Ia berkata permasalahannya terletak pada ketersediaan ponsel yang dapat menangkap sinyal frekuensi yang ditujukan 5G. Dikala ini, baginya belum terdapat smartphone yang dapat menangkap sinyal 26 GHz hingga 28 GHz.

Buat 5G sendiri, ATSI dalam perihal ini berupaya tingkatkan pengetahuan digital sampai meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.

” Sebab kita tidak hidup cuma sendirian tetapi kita hendak terletak di ekosistem digital economy- nya Indonesia,” ucapnya.

Pemerintah sendiri mendesak ketersediaan aplikasi buatan lokal dikala 5G nanti diimplementasikan. Tetapi bagi Arief, dikala generasi selanjutnya telah terdapat, yang dibicarakan telah bukan lagi hardware tetapi lebih ke aplikasi.

Tantangannya nanti, ia berkata, apakah fitur 5G dapat terbuat di Indonesia dalam konteks aplikasi.

” Nanti terdapat aplikasi divine network, terdapat radio divine network. Itu merupakan tekno- tekno 5G yang tergantung dari industri aplikasi, kalo 4G itu seluruh operator wajib beli seluruh. Nanti 5G itu sangat berbeda model- modelnya. Di sebagian negeri berlomba- lomba membuat aplikasi di 5G nya,” jelas ia.

Jaringan 5G Bisa Dikomersilkan untuk End User Dengan Syarat | ecolateral | 4.5